Pengaruh variabel differensiasi terhadap kepuasan pelanggan pada Apotek Global Pharma Kota Tangerang (studi kasus pada differensiasi produk, personil, dan citra merek)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Variabel Differensiasi Produk (X1), Differensiasi Personil (X2), Differensiasi Citra Merek (X3), Terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) Pada Apotek Global Pharma Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan program SPSS versi 25 dengan metode kolerasi dan regresi berganda yaitu Differensiasi Produk, Differensiasi Personil, dan Differensiasi Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Differensiasi Produk (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Apotek Global Pharma Kota Tangerang, dibuktikan dengan hasil uji t yang mempunyai nilai t diketahui nilai thitung sebesar 2,112 dan nilai ttabel 1,996 diperoleh dari ( ) = (0,05/2, 70 – 3 – 1) = (0,025;66). Jadi thitung > ttabel, yaitu 2,112 > 1,996 sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variable Differensiasi Produk (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Differensiasi Personil (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Apotek Global Pharma Kota Tangerang, dibuktikan dengan hasil uji t yang mempunyai, nilai t diketahui nilai thitung sebesar 2,362 dan nilai ttabel 1,996 diperoleh dari ( ) = (0,05/2, 70 – 3 – 1) = (0,025;66). Jadi thitung > ttabel, yaitu 2,362 > 1,996 sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variable Differensiasi Personil (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Differensiasi Citra Merek (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Apotek Global Pharma Kota Tangerang, dibuktikan dengan hasil uji t yang mempunyai, nilai t diketahui nilai thitung sebesar 3,124 dan nilai ttabel 1,996 diperoleh dari ( ) = (0,05/2, 70 – 3 – 1) = (0,025;66). Jadi thitung > ttabel, yaitu 3,124 > 1,996 sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variable Differensiasi Citra Merek (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Untuk hasil pengujian hipotesis secara simultan yaitu dengan uji F. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai Fhitung sebesar 24,827. Besar nilai Ftabel dengan level signifikansi , dan cara untuk mencari Ftabel diperoleh dari (k ; n-k) = (3 ; 70 – 3) = (3 ;67) maka diperoleh angka 2,74. Karena Fhitung > Ftabel (24,827 > 2,74), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Differensiasi Produk (X1), Differensiasi Personil (X2), Differensiasi Citra Merek (X3) secara simultan atau bersama – sama terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Apotek Global Pharma Kota Tangerang.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Siti Khotimah 1506010030 |
Pengarang |
Siti Khotimah - Personal Name Hidayat Syah - Personal Name M. Husyain - Personal Name Hadi Suharno - Personal Name Aisyah Ratnasari - Personal Name Neneng Widayanti - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF MJ1903003 SIT p |
Subyek |
Produk Apotek Personil
|
Klasifikasi |
MJ1903003 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xix+ 146 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Hidayat Syah 8882650017 / Pembimbing 2 : M. Husyain 8895880018 / Penguji 1 : Hadi Suharno 8885880018 / Penguji 2 : Aisyah Ratnasari 0420047202 / Penguji 3 : Neneng Widayanti 0413067908 |