Pengaruh volume penjualan, biaya produksi dan biaya operasional terhadap laba bersih (studi empiris pada 10 perusahaan bumn sektor perbankan dan kontruksi yang termasuk dalam lq 45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Volume Penjualan, Biaya Produksi Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih (Studi Empiris Pada 10 Perusahaan BUMN Sektor Perbankan dan Kontruksi Yang Termasuk Dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)”. Skripsi Strata Satu (S1) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Volume Penjualan, Biaya Produksi Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih pada Perusahaan BUMN Sektor Perbankan dan Kontruksi Yang Termasuk Dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan BUMN Sub Sektor Perbankan dan Kontruksi yang diperoleh dengan dengan teknik purposive sampling. Hasil data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana untuk variabel X1 terhadap Y diperoleh persamaan Y = -3826,026 + 0,312X₁, variabel X2 terhadap Y diperoleh persamaan Y = -1108,960 + 0,496 X₂, variabel X3 terhadap Y diperoleh persamaan Y = 2190,319 + 0,797 X3 dan regresi berganda diperoleh persamaan Y = -2453,717 + 0,363 X₁ - 0,225 X₂ + 0,095. Untuk hasil koefisoen determinasi atau R Square (R 2 ) = 0,963 = 96,3%. Pengujian hipotesis simultan bahwa Fhitung sebesar 309,9> Ftabelsebesar 1,43 (taraf 2,5%) dan melihat vii tingkat signifikan antara volume penjualan dan biaya produksi terhadap laba bersih sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih dan biaya operasional tidak berpengaruh positif namun tidak signifikan sedangkan volume penjualan, biaya produksi dan biaya operasional secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih. Besarnya pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih diperlukan strategi-strategi untuk meningkatkan volume penjualan diantaranya adalah strategi harga, strategi produk dan strategi pelayanan. Besarnya biaya produksi dapat mempengaruhi melambatnya laba bersih, perusahaan hendaknya terus berupaya untuk meminimalisir biaya produksi seefisien mungkin untuk meningkatkan laba bersih. Dengan tingginya biaya operasional perlu adanya efisiensi dan efektifitas yang berkelanjutan agar laba bersih dapat ditingkatkan secara optimal. Tingginya pengaruh volume penjualan, biaya produksi dan biaya operasional terhadap laba bersih secara simultan namun masih ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi laba bersih seperti biaya promosi dan harga jual barang/jasa.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Perlindungan Zebua 1206010183 |
Pengarang |
Perlindungan Zebua - Personal Name Parlindungan Dongoran - Personal Name Asep Ferry Bastian - Personal Name Laksono Edhi Lukito - Personal Name Joko Rianto - Personal Name M. Husyain - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF MJ1918303 PER p |
Subyek |
Penjualan Produksi Operasional
|
Klasifikasi |
MJ1918303 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xx+ 114 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Parlindungan Dongoran 0408066902 / Pembimbing 2 : Asep Ferry Bastian 0420047202 / Penguji 1 : Laksono Edhi Lukito 8856730017 / Penguji 2 : Joko Rianto 0419095903 / Penguji 3 : M. Husyain 8895880018 |