Detail Cantuman

Fenomena mikro-selebriti di media sosial ( studi etnografi virtual video viral akun @helenjunet tanggal 22 maret 2019 pada pengguna instagram)

Fenomena mikro-selebriti di media sosial ( studi etnografi virtual video viral akun @helenjunet tanggal 22 maret 2019 pada pengguna instagram)


Fenomena tren micro-celebrity di media sosial belakangan ini sangat marak ditemui, hal itu dapat dilihat dari berbagai postingan di sosial media terutama pada postingan video yang bisa mendadak viral hanya karena pembuatnya melakukan hal tertentu yang dapat menarik atensi atau perhatian publik. Salah satunya adalah video milik akun @helenjunet yang menjadi viral dan di reupload oleh banyak akun lainnya dengan caption “Janganlah engkau S H O M B O N G ! karena diatas langit masih ada @hotmanparioffical”. Respon dari pengguna instagram baik yang melihat secara sengaja maupun tidak sangat beragam. Dan kecenderungan perilaku yang ditampilkan pada respon tersebut dapat menunjukkan bagaimana budaya siber yang tercipta dalam ruang siber. Penelitian ini menggunakan studi Etnografi Virtual yang membahas tentang Cyberculture dan menggunakan Level Analisis Media Siber (AMS) dan Tipologi David Bell untuk menguraikan. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu metode deskriptif yang tepat digunakan untuk paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna istagram yang melihat video viral Helen entah itu yang melihatnya karena mengikuti akun @helenjunet maupun yang melihatnya secara tidak sengaja melalui explore dan lain-lain, akan melakukan sesuatu sebagai bentuk respon terhadap video tersebut melaui fitur yang disediakan oleh instagram berupa like dan komentar hingga membagikannya, dan hal itu terus terjadi dan membentuk budaya pengguna ketika berhadapan dengan video-video viral yang memiliki unsur mikro-selebriti. Dengan adanya perilaku dan budaya pengguna di ruang siber, peneliti juga menemukan beberapa motif yang menjadi alasan para pengguna instagram menonton dan mengikuti tren video viral. Pertama, motif hiburan dan kedua, motif keingintahuan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Rizqiani Aulia 1501030040
Pengarang Rizqiani Aulia - Personal Name
Ade Irfan Abdurahman - Personal Name
Een Irianti - Personal Name
Yusmedi Yusuf - Personal Name
Faisal Tomi Saputra - Personal Name
Lina Wati - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF KM1904006 RIZ f
Subyek Media Sosial
Instagram
Mikro- Selebriti
Klasifikasi KM1904006
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xv + 104 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Ade Irfan Abdurahman 413076704 / Pembimbing 2 : Een Irianti 423058903 / Penguji 1 : Yusmedi Yusuf 0422026703 / Penguji 2 : Lina Wati 0423018301 / Penguji 3 : Faisal Tomi Saputra 0416038902

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id