Pengaruh aplikasi sistem informasi pelayanan perizinan terpadu (Sipinter) terhadap kepuasan pelanggan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPINTER) Terhadap Kepuasan Pelanggan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang”. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan Aplikasi SIPINTER di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang berjumlah 1.337 orang yang selanjutnya dari seluruh populasi tersebut peneliti menggunakan 93 orang sebagai sampel untuk diuji. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara observasi, dan angket. Selanjutnya diuji secara analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan dilanjutkan dengan pengujian regresi linier sederhana dalam SPSS (Statistical Product and Solution Service). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan : 1. Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPINTER) sebesar 75%. 2. Kepuasan Pelanggan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang yaitu sebesar 75%. 3. Terdapat hubungan yang kuat antara variabel Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPINTER) terhadap Kepuasan Pelanggan yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,626 atau 62,6%. 4. Koefisien Determinasi (r2 ) adalah 0,6262 atau 0,392. Peneliti menyimpulkan bahwa variabel Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPINTER) terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 39,2% sedangkan 60,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian menggunakan SPSS (Statistical Product and Solution Service) yang menunjukkan tingkat signifikan 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dan t hitung sebesar 7,656 yang lebih besar dari t tabel yaitu 1,986. Keadaan ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi hipotesis yang peneliti ajukan terbukti kebenarannya. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPINTER) Terhadap Kepuasan Pelanggan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Ricca Rosalinda 1501010044 |
Pengarang |
Ricca Rosalinda - Personal Name Irvan Arif Kurniawan - Personal Name Yusmedi Yusuf - Personal Name Nana Suryana - Personal Name TB Yudi Muhtadi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN1904405 RIC p |
Subyek |
Aplikasi Sistem Informasi
|
Klasifikasi |
AN1904405 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi + 136 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : TB. Yudi Muhtadi 408046903 / Pembimbing 2 : Irvan Arif Kurniawan 411048801 / Penguji 1 : Yusmedi Yusuf 422026703 / Penguji 2 : TB. Yudi Muhtadi 408046903 / Penguji 3 : Nana Suryana |