Pengaruh kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan dikantor unit pengelolaan teknik daerah sistem administrasi manuggal satu atap (Samsat) Balaraja Kabupaten Tangerang
Populasi pada penelitian ini berjumlah 58 orang, sedangkan untuk mengetahui jumlah sampel yang akan dijadikan responden diambil berdasarkan sample jenuh dengan sampel 58 orang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan asosiatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Selanjutnya diuji secara analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan dilanjutkan dengan pengujian regresi linier sederhana dalam SPSS (Statistical Product and Solution Service). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan : Kompetensi Pegawai pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang sebesar 80%, sedangkan Kualitas Pelayanan pada Kantor Sistem Administtrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang sebesar 84%. Hubungan Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang 0,789 sehingga nilai korelasi tersebut memiliki tingkat hubungan yang kuat. Terdapat hubungan yang kuat antara variabel Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang. Yang ditunjukan dengan r = 0,259. Jika diinterpretasikan menurut Sugiyono (2017:184) bahwa : “interval koefisien 0,600 – 0,799 termasuk kedalam kategori kuat” Koefisien Determinasi (r2 ) = 0,7832 = 0,614.Peneliti menyimpulkan bahwa variabel Kompetensi Pegawai memberikan pengaruh kepada variabel Kualitas Pelayanan sebesar 61,4% dan sisanya 38,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini ditunjukan oleh hasil pengujian menggunakan SPSS (Statistical Product and Solution Service) yang menunjukan tingkat signifikan 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dan t hitung sebesar 9,420 yang lebih besar dari t tabel yaitu 1,673, keadaan ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi hipotesis yang peneliti ajukan terbukti kebenarannya, artinya ada pengaruh secara signifikan dari Kompetensi Pegawai dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Kantor Sistem Adminisstrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang. Implikasi yang peneliti ajukan pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang yaitu untuk mengantisipasi masalah Kualiatas Pelayanan pada Kantor Sistem Administrasi Manuggal Satu Atap (SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangeranng maka dapat ditingkatkan melalui Kompetensi Pegawai pada Kantor Sistem Adminiatrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Naesabury 1501010041 |
Pengarang |
Naesabury - Personal Name Anwarudin - Personal Name M. Yusuf Leman - Personal Name Nanan Sujana - Personal Name Soebagio - Personal Name M. Hilman - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN1904105 NAE p |
Subyek |
Kompetensi Kualitas Pelayanan
|
Klasifikasi |
AN1904105 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi + 140 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Anwarudin / Pembimbing 2 :M. Yusuf Leman 8845760018 / Penguji 1 : Nanan Sujana 404046003 / Penguji 2 : Soebagio / Penguji 3 : M. Hilman 421058503 |