Hubungan kualitas pelayanan dan sosialisasi Perpajakan dengan Kepatuhan Wajib Pajak (PBB-P2) pada Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerang
Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan dengan kepatuhan wajib pajak (PBB-P2) pada Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak (PBB-P2) pada Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerangdi tahun 2018 sebanyak 360.882 Wajib Pajak. Penentuan sampel ditentukan dengan rumus slovin, maka sampel yang yang mewakili dari wajib pajak sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan data yang diperoleh dianalisis dengan stastistik inferensial. Hasil penelitian : (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan kualitas pelayanan dengan kepatuhan wajib pajak, nilai korelasi positif 0.805 memiliki hubungan sangat kuat, koefisien determinasi, variasi kepatuhan wajib pajak dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan 64.8% dan sisanya 35.2% masih dipengaruhi oleh faktor lain, uji signifikansi t hitung (7.311) > t tabel (1.661), maka Ho ditolak dan Ha diterima, uji regresi sederhana Y ˆ = 19.140 + 0.765 . X1 kepatuhan wajib pajak akan meningkat bila kualitas pelayanan lebih ditingkatkan sebesar 0.765; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan sosialisasi perpajakan dengan kepatuhan wajib pajak, nilai korelasi positif 0.808 memiliki hubungan sangat kuat, koefisien determinasi, variasi kepatuhan wajib pajak dapat dijelaskan oleh variabel sosialisasi perpajakan 65.2% dan 34.8% masih dipengaruhi oleh faktor lain, uji signifikansi t hitung (7.378) > t tabel (1.661), maka Ho ditolak dan Ha diterima, uji regresi sederhana Y ˆ = 11.355 + 0.887 . X2, kepatuhan wajib pajak akan meningkat bila sosialisasi perpajakan lebih ditingkatkan 0.887; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan bersama-sama antara kualitas pelayanan dengan kepatuhan wajib pajak (PBB-P2) : nilai korelasi berganda positif 0.762, uji signifikan F hitung diperoleh skor nilai sebesar 53.839, uji regresi linier berganda diketahui nilai konstanta a dan nilai koefisien b, yaitu Y ˆ = 22.495 + 0.270 (X1) + 0.442 (X2), meningkatkan kepatuhan wajib pajak sebesar 26.055 bila secara bersama-sama kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan ditingkatkan sebesar 1 satuan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Cecep Mujia Utama - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
REF MIA1903113 CEC h |
Subyek |
Kualitas Pelayanan Sosialisasi Perpajakan
|
Klasifikasi |
MIA1903113 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|