Pengaruh kemampuan pengelolaan pembelajaran guru PAI terhadap perilaku siswa di SMP Nurul Hikmah Kabupaten Tangerang
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif,
afektif dan psikomotorik guru agama Islam dalam pengelolaan pembelajaran
terhadap perilaku siswa di SMP Nurul Hikmah Kota Tangerang. Selain itu, untuk
efek jangka panjang, penelitian ini dapat bermanfaat untuk menanamkan perilaku
siswa yang sesuai dengan ajaran Agama Islam. Kompetensi guru, kebijakan sekolah
dan kebijakan pemerintah menjadi faktor pendukung dalam mencapai tujuan
penelitian. Metodologi penelitian kuantitatif digunakan melalui penelitian survei.
Populasi penelitian berjumlah 107 siswa dan sampel penelitian sebanyak 52 siswa.
Dalam pengumpulan data digunakan penelitian lapangan untuk menemukan data
konkrit. Dalam menganalisis data, digunakan SPSS 24.0. Hasil penelitian
menggambarkan bahwa variabel kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik
guru agama Islam dalam pengelolaan pembelajaran secara simultan berpengaruh
terhadap perilaku siswa di SMP Nurul Hikmah Kota Tangerang. Hasil hipotesis
menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik
guru PAI dalam pengelolaan pembelajaran terhadap perilaku siswa. Dengan
demikian, dalam membangun perilaku siswa yang sesuai dengan ajaran Islam,
kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik guru dalam manajemen
pembelajaran menjadi penting. Hal ini juga dapat berguna dalam melakukan
pembelajaran yang efektif dan strategi dalam proses belajar mengajar pendidikan
Agama Islam.
Detail Information