Penerapan pembelajaran higher order thinking skill melalui model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan berpikir kritis dan self efficacy siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis
Penelitian ini dilakukan di SMK Lab Businnes School Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran higher order thinking skill melalui model problem based learning untuk meningkatkan berpikir dan self efficacy siswa kelas X AP di SMK Lab Businnes School Tangerang. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dan teknik pengumpulan data berupa tes, kuesioner, lembar observasi dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 123 siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik convenience sampling sehingga sempel yang digunakan yaitu 62 siswa. Hasil perhitungannya ternyata terdapat perbedaan dan peningkatan antara kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran higher order thinking skill melalui model problem based learning dengan berpikir kritis dan self efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi bisnis. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan t-test disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara berpikir kritis dan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran higher order thinking skill melalui model problem based learning dengan model konvensional/ceramah pada mata pelajaran ekonomi bisnis.
Detail Information