Pengaruh keaktifan peserta didik dalam organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kota Tangerang tahun pelajaran 2018/2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan peserta didik dalam organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik SMA Negeri 7 kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik SMA Negeri 7 kota Tangerang yang mengikuti kegiatan organisasi. Adapun sampel yang diambil sebanyak 131 peserta didik dengan teknik pengambilan yaitu sampel jenuh menggunakan rumus solvin. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan wawancara. Instrument dalam penelitian ini berbentuk skala likert. Analisis data menggunakan regresi berganda. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : (1) keaktifan peserta didik dalam organisasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,510 lebih dari 0,05. (2) motivasi belajar peserta didik tidak berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,556 lebh dari 0,05. Nilai R2 sebesar 0,125 ini berarti 1.25% prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh keaktifan peserta didik dalam organisasi dan motivasi belajar. Sedangkan 98.75% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | |
Pengarang | Sri Maulidia - Personal Name |
Edisi | |
No. Panggil | REF EK1903008 SRI p |
Subyek | Motivasi Peserta Didik Prestasi |
Klasifikasi | EK1903008 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit | 2019 |
Tempat Terbit | TANGERANG |
Deskripsi Fisik | |
Info Detil Spesifik |