Penerapan pembelajaran kooperatif melalui model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas x Di SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang didukung dengan masih rendahnya nilai rat-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap adanya perbedaan penigkatkan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) kelas eksperimen (X IPS 3) dan pembelajaran konvensional kelas kontrol (X IPS 4). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil postest yang berbentuk essay. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran group investigation dengan hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian mengguankan t-tes. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Siti Rodiah - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
REF EK1901108 SIT p |
Subyek |
Ekonomi Siswa Group Investigation
|
Klasifikasi |
EK1901108 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|