Teman sebaya, penggunaan media sosial dan status sosial ekonomi keluarga pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif siswa melalui literasi (Survei pada siswa di Kota Tangerang)
Perilaku konsumtif kini telah menjadi fenomena yang sangat dikenal dan menjadi
momok di kalangan masyarakat sudah cukup lama, hal ini karena adanya suatu
perubahan fenomena pada sosial budayanya yang beragam, seperti beragamnya
kebutuhan manusia yang rasional hingga irasional untuk pemenuhan kebutuhan seharihari serta semakin banyaknya pusat pertokoan dan perbelanjaan bahkan menjamurnya
online shop pada abad 21 ini. Perilaku konsumtif berkaitan dengan pembelian barang
yang dibeli secara terus-menerus dan tidak berdasarkan kebutuhan melainkan
berdasarkan keinginan. Banyak studi yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya tentang
perilaku konsumtif baik dari perspekstif ekonomi mikro mengenai dasar konsumsi
yang dibangun atas dua hal, yaitu kebutuhan (need) dan kegunaan atau kepuasan
(utility) sehingga dalam pemilihan barang atau jasa yang digambarkan sebagai
pemuasan keinginan manusianya, dari ilmu ekonomi mikro tersebut berasal hal-hal
mengenai tingkah laku konsumen dan produsen sehingga jika seseorang yang sudah
mempelajari ilmu ekonomi mikro dengan baik akan dapat mengontrol perilaku
konsumtif dengan benar. Sedangkan dari perspektif pemasaran atau tata niaga agar
dapat mengontrol tingkat konsumerisme seseorang bisa dilakukan membeli barang
barang-barang dengan perencanaan sebelumnya, adanya pertimbangan kebutuhan saat
akan membeli suatu produk, mampu memilih dan merencanakan pembelian suatu
barang dengan cara memahami pengelolaan keuangan. Pada kenyataan masih banyak
yang mempengaruhi perilaku konsumtif dan literasi siswa diantaranya peran orang tua,
status social ekonomi dan teman sebaya. Berdasarkan referensi yang telah dikaji
penulis ingin mendalami bagaimana pengaruhnya tiga variable diatas mempengaruhi
perilaku konsumtid dengan di mediasi literasi keuangan siswa, penelitian ini dilakukan
untuk memnuhu road map penelitian yang telah ditentukan penulis. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh peran orang
tua, status social ekonomi dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif yang
dimediasi literasi keuangan siswa yang nantinya dapat digunakan untuk memahami,
memcahkan dan mengantisipasi masalah dalam berkonsumsi dan meningkatkan literasi
keuangan siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMAN di Kota Tangerang dengan
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik
pengumpulan data dengan penyebaran angket dan di analisis menggunakan analisis
SmartPLS versi 3.3.3.
Detail Information