Marketing politik Helldy-Sanuji dalam memenangkan Pilkada Cilegon di masa pandemi covid-19
Pandemi membuat kebanyakan orang berpikir Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) harus
ditunda sementara. Namun, pemerintah tetap menggelar Pilkada serentak di 270 daerah pada
Rabu, 9 Desember 2020. Pemilihan Gubernur di 9 Provinsi, Pemilihan Wali Kota di 37 kota,
dan Pemilihan Bupati di 224 Kabupaten. Di Provinsi Banten terdapat 4 daerah yang
menyelenggarakan Pilkada yaitu Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang
Selatan, dan Kota Cilegon. Kota Cilegon memiliki pasangan calon terbanyak dibandingkan
dengan total calon peserta Pilkada di kota lain. Sehingga aktivitas persuasif yang dilakukan
sebagai upaya penyebarluasan informasi tentang kandidat, partai politik, dan programprogram yang dilakukan oleh aktor-aktor politik cukup banyak. Melalui saluran-saluran
komunikasi tertentu yang ditujukan kepada segmentasi (sasaran) tertentu dengan tujuan
mengubah wawasan, pengetahuan, sikap dan perilaku para pemilih dengan bertujuan
mendapatkan suara. Helldy-Sanuji dalam Pilkada Cilegon dengan apik memenangkan suara
terbanyak ketika Pilkada dilakukan pada masa pandemi. Kejadian ini bukan hanya di batas
bidang politik semata. Karena di dalamnya ada bidang sosial, ekonomi dan kesehatan yang
bersatupadu. Sehingga studi kasus dipilih sebagai metode yang cocok untuk mengupas
rangkaian yang terjadi dalam kontes tersebut. Tim kandidat melakukan proses Pemasaran
Politik yang menurut Niffegger berisi bauran pemasaran Product, Promotion, Price, dan
Place. Hal ini menjadikan pemasaran politik layak untuk dielaborasi seperti kegiatan
persuasif yang dilakukan upaya penyebaran informasi tentang kandidat, partai politik, dan
program yang dilakukan oleh aktor politik melalui saluran komunikasi tertentu yang
ditujukan pada segmentasi tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemasaran Politik
layak melalui Pilkada jika berdasarkan riset pasar jauh sebelum kampanye. Tim pemenangan
kandidat menghindari pertentangan selama kampanye dan menjalin hubungan baik melalui
hubungan pribadi.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Ukon Furkon Sukanda |
Pengarang |
Ukon Furkon Sukanda - Personal Name Aulian Khairani - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF LPD2140416 UKO m |
Subyek |
Marketing Politik Helldy-Sanuji Pilkada
|
Klasifikasi |
LPD2140416 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Universitas Islam Syekh Yusuf |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|