Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi pada Kelas XII Sekolah Menengah Atas Negri 20 Kabupaten Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengukur dan mengetahui minat siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negri 20 Kabupaten Tangerang melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, dengan menggunakan dua variabel bebas (status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebar pada siswa kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negri 20 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini memiliki populasi sebesar 354 orang siswa dan sampel sebesar 78 orang siswa. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan uji analisis regresi berganda, uji hipotesisi t dan uji hipotesis f dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan t- hitung= 1,700 dan signifikansi 0,003. Sedangkan variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan nilai t- hitung= 12,196 dan signifikansi 0,000.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Siti Syfa Filzanah - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
REF EK2102908 SIT p |
Subyek |
Motivasi Orangtua Ekonomi
|
Klasifikasi |
EK2102908 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|