Peranan reward dan punishment dalam pembentukan akhlak siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Cikupa Kabupaten Tangerang : studi kasus pada siswa/i kelas VIII di SMP Negeri 3 Cikupa Kabupaten Tangerang
Penelitian ini diltarbelakangi oleh adanya perilaku-perilaku siswa yang
menyimpang yang dilakukan oleh siswa, seperti mencari-cari alasan untuk tidak
mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam, bermalas-malasan untuk
mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam, lalai, dan menyepelekan dalam
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran pendidikan agama
Islam. Oleh karena itu diperlukan adanya kesadaran baik dari guru dan siswa.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Reward
dan Punishment terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 3 Cikupa Kabupaten
Tangerang ? dan bagaimana pembentukan akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri
3 Cikupa Kabupaten Tangerang ?
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Reward dan
Punishment dalam pembentukan akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cikupa
Kabupaten Tangerang.
Reward merupakan bentuk reinforcement yang positif, maka punishment
sebegai bentuk reinforcement yang negatif, tetapi apabila diberikan secara tepat
dan bijak dapat menjadi alat untuk menumbuhkan motivasi. Tujuan dari metode
ini adalah menimbulkan rasa tidak senang pada seseorang supaya mereka jangan
membuat sesuatu yang jahat. Hukuman harus bersifat paedagogis, yaitu untuk
memperbaiki dan mendidik ke arah yang lebih baik.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang hasilnya diperoleh
dari kuesioner atau angket yang disebarkan kepada responden di SMP Negeri 3
Cikupa.
Berdasarkan hasil yang dperoleh oleh peneliti di Sekolah Menengah Pertama
(SMP) Negeri 3 Cikupa, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peranan
yang sangat rendah antara reward dan punishment dengan pembentukan akhlak
siswa SMP Negeri 3 Cikupa. Hal ini dapat dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy
= 0,09. Hal ini juga diperkuat dengan diperolehnya hasil thitung sebesar 6,4 lebih
besar dari ttabel sebesar 2,00758. Berdasarkan hasil penelitian dengan penghitungan
koefisien korelasi determinasi dapat diketahui peranan reward dan punishment
diperoleh sebesar 0,81%, dan selebihnya 99,19% dipengaruhi oleh faktor-faktor
lain seperti kepribadian, didikan orang tua, lingkungan, atau faktor lainnya yang
tidak diteliti oleh peneliti di SMP Negeri 3 Cikupa. Jadi, HO yang menyatakan
bahwa reward dan punishment tidak memiliki peranan dalam pembentukan akhlak
siswa SMP Negeri 3 Cikupa ditolak dan dengan demikina Ha dalam penelitian ini
diterima.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Nanda Rizky Ammalia - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1803401 NAN p |
Subyek |
Akhlak Reward Punishmant
|
Klasifikasi |
AI1803401 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xviii + 117 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|