Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Surat al-Fatihah menurut Kajian Tafsir al-Manar
Pendidikan tauhid, ibadah dan akhlaq menjadi penting untuk diterapkan.
Sebagai pelajar dan pendidik muslim ketiga unsur ini menjadi hal pokok yang
mesti dipenuhi. Al-Qur’an sebagai petunjuk dan QS. al-Fatihah sebagai surat
pembuka mewakili keseluruhan makna dan kandungan al-Qur’an, ia menjadi
pendahuluan mengenal al-Qur’an untuk mengkaji kandungan yang dimilikinya.
Kandungan Qs. al-Fatihah menjadi penting untuk dilakukan.
Surat al-Fatihah merupakan surat pertama di dalam kitab suci al-Qur’an, di
dalam surat tersebut banyak mengandung makna dalam kehidupan manusia.
Tidak semua orang mampu menangkap pesan Allah melalui surat al-Fatihah
tersebut. Sesungguhnya, Allah menurunkan wahyu lewat surat al-Fatihah itu tidak
sekedar untuk dilantunkan bacaannya, di dalam setiap ayat tersebut menyimpan
makna yang dalam, yang agung dan istimewa. Jika seseorang mampu mempelajari
dan memahami maknanya, tentu akan menjadi takjub. Ia akan mendapatkan ilmu
yang mulia karena di dalam surat al-Fatihah terdapat kemuliaan. Hal ini yang
jarang dilakukan oleh kebanyakan orang.
Selain itu QS. al-Fatihah didalamnya tidak hanya mengandung doa
semata, tetapi juga mengandung nilai-nilai pendidikan Islam secara khusus.
Kemudian untuk menjawab perumusan masalah mengenai: 1. Pemikiran
pendidikan Islam menurut Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha. 2.
Nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat al-Fatihan menurut tafsir al-Manar.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reaserch), dimana
datanya diperoleh dari sumber kepustakaan berupa buku, tafsir, jurnal, artikel,
serta tulisan lain. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini
adalah pendekatan filosofis dan historis guna merumuskan secara jelas hakikat
yang mendasari konsep-konsep pemikiran. Adapun tujuan penelitian ini untuk
mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surat al-Fatihah
melalui tafsir al-Manar yang dikarang oleh Muhamad Abduh dan Muhammad
Rasyid Ridha.
Hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa pemikiran
pendidikan Islam menurut Muhammad Abduh sistem pendidikan Islam harus
lebih diberdayakan agar kualiatas dan efektifitasnya dapat ditingkatkan, sehingga
pendidikan Islam dapat berkompetensi dengan pendidikan modern. Sedangkan
Muhammad Rasyid Ridha menjelaskan beberapa konsep pendidikan Islam, yaitu:
tujuan pendidikan, materi pendidikan, kurikulum pendidikan Islam, dan metode
pendidikan. Kemudian di dalam tafsir al-Manar dalam surat al-Fatihah terkandung
nilai-nilai pendidikan Islam seperti: Pendidikan tauhid, pendidikan syari’ah, dan
pendidikan akhlaq.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Yakub Yadi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1801401 YAK n |
Subyek |
Pendidikan Islam Surat al-Fatihah Tafsir al-Manar
|
Klasifikasi |
AI1801401 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xi + 69 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|