Detail Cantuman

Pengaruh pembiasaan shalat asar berjamaah terhadap disiplin belajar siswa kelas VII dan VIII pada Madrasah Jamiatus Sholihin Kelurahan Gondrong Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang

Pengaruh pembiasaan shalat asar berjamaah terhadap disiplin belajar siswa kelas VII dan VIII pada Madrasah Jamiatus Sholihin Kelurahan Gondrong Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang


Shalat bagi seorang muslim bertujuan untuk mendekatkan diri kepada
Allah SWT. dan memohon ampunan dari Allah SWT. Shalat merupakan rukun
Islam yang kedua setelah dua kalimat syahadat, setiap muslim diwajibkan untuk
mengerjakan shalat lima waktu sehari semalam. Kewajiaban memelihara shalat
yang merupakan tiang agama.
Pembiasaan shalat berjamaah adalah penanaman nilai-nilai pendidikan
Islam dalam pelaksanaan shalat berjamaah sehingga seseorang dapat
melaksanakan ibadah tersebut secara sadar, bukan paksaan dari pihak manapun.
Peran sekolah sangatlah penting dalam menanamkan kebiasaan shalat bagi siswasiswanya. Seperti mengadakannya aktifitas shalat berjamaah kedalam jam sekolah
berlangsung. Shalat berjamaah menjadi salah satu aspek penting bagi kesadaran
siswa dalam melaksakan shalat lima waktu dalam hal ini selain siswa terbiasa
melaksanakan shalat berjamaah. Diharapkan juga dengan ibadah shalat, siswa
mencerminkan sikap selalu taat dan patuh.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kuntitatif korelasi yang
dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Jamiatus Sholihin. Metode pengumpulan data
menggunakan angket dengan populasi 46 siswa dan sampel 46 siswa kelas VII
dan VIII dengan menggunakan rumus Presentase berdasarkan jenis kelamin,
tekhnik analisis data menggunakan mean, modus, median dan uji hipotesisnya
menggunakan product moment. Dari penelitian ini di simpulkan bahwa pengaruh
pembiasaan shalat asar berjamaah terhadap disiplin berlajar siswa kelas VII dan
VIII di Madrasah Jamiastus Sholihin koefisien korelasi sebesar 0,83 dan koefisien
determinasi 68% yang berarti pengaruh pembiasaan shalat asar berjamaah
terhadap disiplin belajar siswa. Dengan pembuktian bahwa t
hitung lebih besar dari
t
tabel (9,82 > 1,684). Dengan demikian Ha yang menyatakan pengaruh pembiasaan
shalat asar berjamaah terhadap disiplin belajar siswa diterima dan hipotesis Ho
ditolak.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nisa Nabila - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI1802401 NIS p
Subyek Pendidikan Islam
Shalat Berjamaah
Disiplin Belajar
Klasifikasi AI1802401
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxi + 93 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id