Nilai-nilai pendidikan Islam dalam QS. Fathir [35]: 29-30
Bentuk manifestasi keimanan seseorang adalah melakukan setiap aturan yang
telah ditetapkan oleh agama. Prilaku sebagian umat muslim saat ini terlihat
mengabaikan ajaran yang ditentukan, tindakan mereka mengabaikan membaca
kitab suci Al-Qur’an yang merupakan pedoman baginya turut diabaikan, di
samping itu pelaksanaan shalat yang menjadi tiang agama tak terhindar dari
runutan kegiatan yang diabaikan begitu pula manifestasi keimanan yang
diwujudkan dalam berinfak ikut juga menjadi amalan yang tak dilakukan sehingga
membuat mereka menjadi orang-orang yang tidak beruntung. Problem sosial ini
menarik untuk diadakan penelitian dengan tujuan mengetahui nilai-nilai
pendidikan dalam QS.Fathir [35]: 29-30 untuk dibahas dan digali nilai-nilai
pendidikannya.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif
dengan mendeskripsikan konsep penelitian secara jelas dan terperinci atau bisa
disebut dengan deskriptif analitis. Dalam penelitian ini membahas amal ibadah
yang dilakukan manusia meliputi membaca kitab Allah Swt. (Al-Qur’an),
mendirikan shalat, dan menginfakkan hartanya di jalan Allah Swt. bagaikan
perniagaan yang tidak akan rugi atau merupakan suatu keuntungan yang akan
dinikmati di dunia dan akhirat sebagaimana yang Allah firmankan pada QS.
Fathir 29-30.
Dari ketiga amal tersebut terdapat banyak nilai-nilai pendidikan yang
sangat menguntungkan bagi kehidupan dunia maupun akhirat. Seperti yang kita
ketahui bahwa tujuan dari pendidikan Islam adalah membentuk peserta didik
menjadi insan yang shalih dan bertaqwa kepada Allah Swt. Maka ketiga amal
yang terkandung dalam QS. Fathir [35]: 29-30 dapat membentuk pribadi yang
shalih dan bertakwa kepada Allah Swt.
Berdasarkan telaah dari literatur, maka hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kita hendaknya selalu membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an,
melakukan shalat, dan menginfakkan harta di jalan Allah Swt. Karena dengan
kita membiasakan diri untuk melakukan ketiga amal tersebut, maka sesuai
dengan QS. Fathir [35]: 29-30 bagaikan perdagangan yang tidak akan ada
ruginya. Terbukti bahwa di dalam amal yang penulis paparkan terdapat banyak
sekali nilai-nilai pendidikan yang bisa memotivasi penulis khususnya dan
pembaca pada umumnya.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Muslikhin - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1804301 MUS n |
Subyek |
Pendidikan Islam QS. Fathir [35]: 29-30
|
Klasifikasi |
AI1804301 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xii + 100 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|