Reformasi birokrasi dalam pelayanan publik bidang administrasi kependudukan Di Kecamatan Periuk Kota Tangerang
Reformasi birokrasi merupakan upaya berkelanjutan yang setiap tahapannya memberikan perubahan atau perbaikan birokrasi ke arah yang lebih baik. Adanya reformasi diharapkan pula dapat diwujudkan pelayanan publik yang sesuai dengan harapan masyarakat, harapan bangsa Indonesia yang semakin maju dan mampu bersaing dalam dinamika global yang semakin ketat, kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi semakin baik, SDM aparatur pemerintahan semakin professional. Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah melalui pemberian pelayanan publik yang baik untuk masyarakat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta- fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang Camat Periuk sebagai informan kunci, 1 orang Kepala Seksi Pelayanan Umum sebagai informan kunci, 1 orang Kepala Seksi Tata Pemerintahan sebagai informan kunci dan 5 orang masyarakat sebagai informan kunci. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Periuk Kota Tangerang dilihat dari dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) serta empati (empathy) beserta indikatornya. Mengingat indikator tersebut, maka dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan harus benar-benar memberikan kemudahan bagi masyarakat. Kemudahan tersebut dapat dirasakan dari adanya pelayanan yang cepat, aparatnya ramah, tempatnya nyaman serta tidak ada biaya administrasi kependudukan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Nadia Yumna Diah Wandira - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
REF AN2111205 NAD r |
Subyek |
Pelayanan Publik Reformasi Administrasi
|
Klasifikasi |
AN2111205 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|