Detail Cantuman

Reformasi birokrasi dalam pelayanan publik bidang administrasi kependudukan Di Kecamatan Periuk Kota Tangerang

Reformasi birokrasi dalam pelayanan publik bidang administrasi kependudukan Di Kecamatan Periuk Kota Tangerang


Reformasi birokrasi merupakan upaya berkelanjutan yang setiap tahapannya memberikan perubahan atau perbaikan birokrasi ke arah yang lebih baik. Adanya reformasi diharapkan pula dapat diwujudkan pelayanan publik yang sesuai dengan harapan masyarakat, harapan bangsa Indonesia yang semakin maju dan mampu bersaing dalam dinamika global yang semakin ketat, kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi semakin baik, SDM aparatur pemerintahan semakin professional. Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah melalui pemberian pelayanan publik yang baik untuk masyarakat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta- fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang Camat Periuk sebagai informan kunci, 1 orang Kepala Seksi Pelayanan Umum sebagai informan kunci, 1 orang Kepala Seksi Tata Pemerintahan sebagai informan kunci dan 5 orang masyarakat sebagai informan kunci. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Periuk Kota Tangerang dilihat dari dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) serta empati (empathy) beserta indikatornya. Mengingat indikator tersebut, maka dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan harus benar-benar memberikan kemudahan bagi masyarakat. Kemudahan tersebut dapat dirasakan dari adanya pelayanan yang cepat, aparatnya ramah, tempatnya nyaman serta tidak ada biaya administrasi kependudukan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nadia Yumna Diah Wandira - Personal Name
Edisi
No. Panggil REF AN2111205 NAD r
Subyek Pelayanan Publik
Reformasi
Administrasi
Klasifikasi AN2111205
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id