Peran masyarakat dalam pemberdayaan pendidikan nonformal pada ketuntasan baca tulis Al-Qur'an di TPA AL IKHLAS Kelurahan Sudimara Jaya Kecamatan Ciledug Kota Tangerang
Peran Masyarakat yaitu serangkaian perilaku yang diharapkan pada seseorang sesuai dengan
posisi sosial yang diberikan baik secara formal maupun secara informal, sesuai dengan norma-norma dan
adat-istiadat yang ditaati dalam lingkungannya. pendidikan nonformal dalam proses
penyelenggaraannya memiliki suatu sistem yang terlembagakan, yang di dalamnya terkandung
makna bahwa setiap pengembangan pendidikan nonformal perlu perencanaan program yang
matang, melalui kurikulum, isi program, sarana prasarana, sasaran didik, sumber belajar, serta
faktor-faktor yang satu sama lain tak dapat dipisahkan dalam pendidikan nonformal.
Penelitian Ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peran
masyarakat dalam pemberdayaan pendidikan nonformal, dan Instansi yang menjadi objek dalam
penelitian ini adalah TPA AL IKHLAS.
Perlu diperhatikan bahwa pendidikan nonformal ini harus dikembangkan dengan baik dan
diperhatikan oleh masyarakat sekitar, dengan adanya pemahaman tentang pendidikan nonformal
tersebut maka masyarakat diharapkan peduli dan mendukung setiap program yang ada di Taman
Pendidikan Al Qur’an Al Ikhlas.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang hasilnya diperoleh dari
kuesioner atau angket yang disebarkan kepada responden di TPA AL IKHLAS, sebanyak 60 wali
murid. Metode penarikan sampel adalah metode sampel jenuh sebanyak 51 responden. Metode
analisis deskriptif, uji koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi dan uji hipotesis
(uji-t).
Berdasarkan perhitungan angka Koefisien Korelasi adalah sebesar 0,07 berarti
Masyarakat dalam pemberdayaan pendidikan nonformal sangat rendah. Hal ini mengacu pada
tabel Sugiyono bahwa (0,00-0,199). Dari perhitungan koefisien determinasi (R) diperoleh nilai
sebesar 0,5. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya konstribusi Masyarakat dalam pemberdayaan
pendidikan nonformal adalah sebesar 49%, sedangkan sisanya (100%-49%) = 0,51% dipengaruhi
oleh banyak faktor. Berdasarkan tabel nilai-nilai dalam distribusi t maka ditemukan dengan
tingkat kesalahan untuk ttabel (0,05;51) yaitu 2,009. Dari perhitungan di atas dapat diketahui
bahwa thitung (0,69) lebih kecil dari ttabel (2,009), pada taraf signifikan 5% berada pada daerah
penolakan H1, dengan demikian H0 diterima. Berarti tidak ada peran yang signifikan antara
Masyarakat dalam Pemberdayaan Pendidikan Nonformal.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Asri Yuliani - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1800501 ASR p |
Subyek |
Masyarakat Pemberdayaan Pendidikan Nonformal
|
Klasifikasi |
AI1800501 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xviii + 98 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|