Strategi komunikasi Guru Sekolah Dasar khusus saat pandemi Covid 19 (studi kasus pembelajaran Di Yayasan Karya Dharma Wanita 01 Tangerang)
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Guru Kepada Siswa Autis di Sekolah Dasar Khusus Yayasan Karya Dharma Wanita 01 Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi yang di gunakan oleh Guru di Sekolah Khusus Yayasan Kerja Dharma Wanita 01 Kota Tangerang. Adapun penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruksivisme. Sebagai sumber data adalah hasil wawancara terhadap 8 orang informan yang merupakan guru di Sekolah Khusus Yayasan Kerja Dharma Wanita 01 Kota Tangerang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Sensitivitas Retoris. Hasil penelitian menyatakan bahwa : Strategi Komunikasi Guru kepada siswa autis di Sekolah Dasar Khusus Yayasan Kharya Dharma Wanita 01 Tangerang dilaksanakan dengan cara yang persuasif. Hal ini dibuktikan dengan komunikasi yang di dorong oleh kondisi kebutuhan siswa. Selain itu, pengaruh yang mendorong siswa autis dalam menyampaikan komunikasinya disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Lingkungan yang nyaman, sejuk dan ceria akan mendorong siswa untuk berkomunikasi secara positif. Sebaliknya, jika kondisi tidak nyaman maka akan menyebabkan penerimaan negatif dimana siswa akan sulit menerima komunikasi. Strategi Komunikasi Guru kepada Siswa Autis didasarkan pada indikator pada Teori Sensitivitas Retoris. Strategi sikap keterbukaan ditunjukan dengan tindakan guru harus banyak bertanya demi memastikan kondisi siswa, dan lebih cenderung menahan diri untuk mengetahui kondisi perasaan dari siswa tersebut. Strategi empati dilakukan melalui tindakan berkomunikasi dengan yang disukai siswa serta menggunakan kata-kata positif dan sentuhan lembut. Strategi pada sikap mendukung, diwujudkan dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan siswa tersebut, memberikan teguran, dan nasihat melalui pengulangan pesan. Strategi sikap positif diwujudkan melalui pemastian kenyamanan ruangan serta menghindari kondisi yang tidak disukai oleh siswa. Strategi kesetaraan diwujudukan dengan mewujudkan kesetaraan di kelas, tidak melakukan reward atau pemberian hadiah kepada siswa tertentu, dan memberikan kesempatan siswa menjawab pertanyaan di kelas dan memperhatikannya.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Mitha Septiani - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
REF KM2105706 MIT s |
Subyek |
Guru Strategi Komunikasi Autis
|
Klasifikasi |
KM2105706 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|