Pemanfaatan media sosial tik-tok sebagai media aktualisasi diri ( studi netnografi pada akun @aprilcndrwati, @dailyalya dan @nhrlia )
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan proses aktualisasi diri di Tik-Tok, (2) bentuk-bentuk aktualisasi diri informan pengguna Tik-Tok, (3) untuk mendeskripsikan mengapa menggunakan Tik-Tok sebagai media aktualisasi diri. Penelitian ini dilakukan kepada pemilik akun Tik-Tok yaitu, @aprilianacndrawati, @nhrlia, dan @dailyalya. Penelitian dilakukan secara purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi dan juga wawancara terstruktur dengan pemilik akun Tik-Tok @aprilianacndrawati, @nhrlia, dan @dailyalya. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksionisme Simbolik Blumer. Melalui teori tersebut peneliti menemukan bahwa pemilik akun Tik-Tok @aprilianacndrawati, @nhrlia, dan @dailyalya mempunyai proses persamaan dalam mengaktualisasikan diri di Tik-Tok yaitu melihat fenomena dan symbol-simbol yang ada pada Tik-Tok. Hasil penelitian menunjukan melalui aktifitas yang dilakukan di Tik-Tok bahwa bentuk aktualisasi diri pemilik akun Tik-Tok berbeda-beda seperti @aprilianacndrawati jenis konten dakwah, @nhrlia jenis konten dance cover dan juga lypsync, dan @dailyalya jenis konten tutorial fotografi. Peneliti juga menemukan bahwa ada beberapa faktor yang menjadikan Tik-Tok sebagai media aktualisasi diri.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Erik Nopriyanto - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
REF KM2103406 ERI p |
Subyek |
Media Sosial Aktualisasi Tik Tok
|
Klasifikasi |
KM2103406 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|