Pengaruh terpaan tayangan drama series “2gether” terhadap perubahan persepsi penonton mengenai hubungan Boys Love (survei pada pengikut fanbase thaiifess Di Twitter)
Media massa menimbulkan efek yang terarah, segera dan langsung terhadap komunikan. Akibatnya secara tidak langsung dapat merasakan efek secara kognitif sebelum lebih jauh ke efek kognatif atau perubahan sikap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh terpaan tayangan drama series 2gether terhadap perubahan persepsi penonton mengenai hubungan boys love. Penelitian ini menggunakan teori Kultivasi yang dibawa oleh Gerbner, yang diaplikasikan untuk memahami efek media massa. Teroi ini menjelaskan bahwa apabila terpaan media secara terus-menerus akan memberikan gambaran dan pengaruh pada persepsi khalayak atau penontonnya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan statistik korelasi. Populasi pada pengikut fanbase thaiifess di twitter berjumlah tidak diketahui dan sampel yang diambil 96 sebagai responden sengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengang menyebarkan angket melalui google form, teknik pengolahan dan analisis dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini, besarnya terpaan dra ma series 2gether terhadap perubahan persepsi penonton mengenai hubungan boys love sebesar 46,51%. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh belum mendalam, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian mengenai dampak media massa dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat menggali lebih dalam.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Dina Loren - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
REF KM2112906 DIN p |
Subyek |
Series 2gether Penonton
|
Klasifikasi |
KM2112906 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|