Pengaruh belajar onlineterhadap minat belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X MIA di SMAN 11 Kabupaten Tangerang
Penelitian ini dilakukan di MIA X SMAN 11 Kabupaten Tangerang, penelitian
yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar online terhadap minat
belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIA di
SMAN 11 Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi
adalah peserta didik, dengan jumlah sampel sebanyak 52 sampel dari 205 populasi
maka peneliti menggunakan metode sampel total.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
lapangan dan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode kuantitatif
dan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Sedangkan
penelitian menggunakan rumus korelasi product momen adalah untuk memperoleh
atau mengumpulkan data, fakta dan informasi yang berkaitan dengan variabel yang
menjadi pembahasan penelitian (X dan Y). Sedangkan instrument penelitian ini
menggunakan angket (Quisioner) dimana untuk variabel X sebanyak 10 item
pertanyaan dan variabel Y masing-masing 10 item pertanyaan.
Berdasarkan hasil uji coba diperoleh realibilitas terdapat pengaruh belajar
online terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam Koefisien korelasi sebesar 0,43 dan koefisien determinasi sebanyak 18,49%
yang berarti terdapat pengaruh belajar online terhadap minat belajar peserta didik
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan pembuktian bahwa
lebih besar dari (3,3444 > 2.00856). Dengan demikian Ha yang menyatakan
pengaruh belajar online terhadap minat belajar peserta didik mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas X MIA di SMAN 11 Kabupaten Tangerang diterima
dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara
pengaruh belajar online terhadap minat belajar peserta didik mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas X MIA di SMAN 11 Kabupaten Tangerang.
Detail Information