Detail Cantuman

Studi komparasi model pembelajaran excellent class dan regular class ditinjau dari integrasi kurikulum pembelajaran santri di Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung Kabupaten Tangerang

Studi komparasi model pembelajaran excellent class dan regular class ditinjau dari integrasi kurikulum pembelajaran santri di Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung Kabupaten Tangerang


Kurikulum terpadu (integrated curriculum) merupakan suatu produk dari
usaha pengintegrasian bahan pelajaran dari berbagai macam pelajaran, dengan
pemusatkan pada masalah tertentu dan memerlukan solusi dengan materi atau
bahan dari berbagai disiplin atau mata pelajaran. Adanya perbedaan integrasi
kurikulum di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 1 dan di Pondok Pesantren Daar
El-Qolam 2 menjadi latar belakang kajian penelitian. Skripsi ini dimaksudkan
untuk mendeskripsikan bagaimana pendekatan kurikulum pendidikan Islam di
Pondok Pesantren Daar El-Qolam, bagaimana integrasi kurikulum pembelajaran
di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 1 (regular class) dan integrasi kurikulum di
Pondok Pesantren Daar El-Qolam 2 (excellent class). Penelitian ini menggunakan
bentuk penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang
dilaksanakan di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 1 dan di Pondok Pesantren
Daar El-Qolam 2 Gintung Kabupaten Tangerang dengan teknik komparasi, yaitu
dengan membandingkan dua hal yang sesuai dengan kajian topik penelitian yang
diteliti, kemudian ditarik kesimpulan. Sumber data yang digunakan adalah sumber
data primer (Wakasek Bagian Kurikulum, Sekretaris pondok, guru dan santri
Pondok Pesantren Daar El-Qolam 1 dan 2) dan data sekunder (dokumen berupa
buku panduan, buku sumber, jurnal dan artikel lainnya yang relevan). Metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian meliputi pendekatan kurikulum pendidikan Islam yang diterapkan
Pondok Pesantren Daar El-Qolam adalah pendekatan terpadu, yaitu pendekatan
keimanan, keteladanan, pembiasaan, rasional, fungsional, pengalaman dan
emosinal.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Ina Herlina
Pengarang Ina Herlina - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2111401 INA s
Subyek Pondok Pesantren
Model Pembelajaran Regular Class dan Excellent Cla
Kurikulum Pembelajaran
Klasifikasi AI2111401
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id