Peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada masa covid-19 mata pelajaran fikih kelas VII di MTS Nurul Huda Curug Wetan Kabupaten Tangerang
Penelitian ini dilakukan di MTS Nurul Huda Curug Wetan Kabupaten
Tangerang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Adanya peranan orang
tua dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada masa covid-19 mata
pelajaran fikih kelas VII di mts nurul huda curug wetan, (2) Prestasi belajar
peserta didik secara keseluruhan sudah tergolong baik. Dapat dilihat dari orang
tua mampu menjalankan perannya untuk membimbing peserta didik selama
belajar dirumah. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII
di Mts Nurul Huda KabupatenTangerang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
lapangan atau kuantitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan rumus korelasi product
moment adalah untuk memperoleh atau mengumpulkan data, fakta, dan informasi
yang berkaitan dengan varibel yang menjadi pembahasan pembahasan penelitian
(X dan Y). Sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan angket (kuisoner)
dimana untuk variabel X sebanyak 10 item pernyataan dan variabel Y sebanyak
10 item pernyataan.
Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh realibilitas terdapat peranan orang
tua dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada masa covid-19 mata
pelajaran fikih kelas VII diMts Nurul Huda Curug Wetan Kabupaten Tangerang
koefisien korelasi sebesar 0,39 dan koefisien determinasi sebesar 15% yang
berarti terdapat peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar peserta
didik pada masa covid-19 mata pelajaran fikih kelas VII diMts Nurul Huda Curug
Wetan Kabupaten Tangerang.
Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung > ttabel
yaitu 2,932 > 2,009. Dengan demikian hipotesis Ha yang menyatakan bahwa
terdapat peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik
pada masa covid-19 mata pelajaran fikih kelas VII diMts Nurul Huda Curug
Wetan Kabupaten Tangerang diterima, sedangkan hipotesis Ho Menyatakan
bahwa tidak terdapat peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar
peserta didik pada masa covid-19 mata pelajaran fikih kelas VII diMts Nurul
Huda Curug Wetan Kabupaten Tangerang ditolak.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Febianti |
Pengarang |
Febianti - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2107501 FEB p |
Subyek |
Prestasi Belajar Peranan
|
Klasifikasi |
AI2107501 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|